0

Obama Beri Prioritas Utama untuk Indonesia


Terpilihnya Barack Obama sebagai presiden Amerika, telah memberikan cukup keuntungan bagi Indonesia. Mengingat Obama pernah bersekolah di Indonesia, maka Obama lantas memberikan perhatian khusus ke negara-negara Muslim besar non Arab, termasuk Indonesia, Turki dan Pakistan, yang direncanakan akan menjadi sekutu besar Presiden AS ke-44 tersebut.

Presiden Obama yang menang atas John McCain, baru akan dilantik tanggal 20 Januari 2009 tersebut, menempatkan Pakistan ke dalam posisi istimewa karena Pakistan diyakini dapat menjadi front campaign untuk membabat habis terorisme Al-qaeda dan Osama Bin Laden, dan menjadi kunci pokok penyelesaian masalah di Afghanistan. Selain ketiga negara tersebut, Obama juga akan mendekatkan diri dengan negara China, India, Brazil, Rusia, Eropa Barat dan Uni Eropa.

China menjadi prioritas utama Obama karena China telah menjadi raksasa ekonomi baru, sekaligus eksportir penting bagi AS. Sedangkan India akan menjadi pusat telemarketing dan rekrutmen tenaga ahli bagi banyak perusahaan besar AS. Untuk Brazil akan menjadi partner Amerika karena Brazil merupakan negara pusat keuangan dan perbankan di Amerika Latin.

Obama, sebagai presiden Amerika yang baru memang mengedepankan cara yang berbeda untuk pemerintahannya dibandingkan pemerintahan George W. Bush. Obama lebih mementingkan hak asasi dan persamaan derajat, juga mengadakan pendekatan multilateral kepada negara-negara lain, bukan mendikte seperti yang dilakukan oleh Bush. (T_T)

0 komentar:

Back to Top